Tenaga Kerja Cleaning Service KRL

Cleaning service KRL atau Kereta Rel Listrik merupakan petugas di KRL yang memiliki tugas untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam KRL. Cleaning service KRL ini bertanggung jawab dalam membersihkan kotoran dan sampah yang ada di dalam KRL.

baca juga artikel tentang jasa bersih rumah murah bandung

Dengan demikian, adanya cleaning service KRL sangat berarti untuk menjaga kenyamanan para penumpang dalam mengggunakan fasilitas KRL. Selain itu, cleaning service ini juga berperan dalam menjaga kenyamanan para petugas KRL lainnya dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Tanpa ada cleaning service, maka tentu saja KRL akan penuh dengan debu dan sampah yang dihasilkan oleh para penumpang maupun petugas KRL. Mengingat pentingnya peran cleaning service, PT KAI selaku pihak yang bertanggung jawab dalam segala hal di KRL juga telah mengalokasikan lowongan pekerjaan sebagai cleaning service KRL.

baca juga artikel poles lantai bandung

Cleaning Service di KRL

Pihak PT KAI telah mengeluarkan kerangka acuan kerja pengelolaan kebersihan KRL. Dalam kerangka acuan kerja tersebut, dijelaskan bahwa untuk memberikan pelayanan terbaik berupa lingkungan KRL yang bersih dan kering, PT KAI membutuhkan jasa cleaning service. Cleaning service di KRL dituntut untuk terampil dan proaktif dalam memelihara atau merawat kebersihan KRL.

Adapun tugas yang dibebankan kepada cleaning service KRL di antaranya adalah memelihara dan merawat kebersihan lantai, bangku, dinding, jendela, dan rak dari kotoran atau debu. Pada saat hujan, lingkungan dalam KRL juga harus terjaga dari genangan air, sehingga tetap nyaman dan tidak membahayakan penumpang maupun petugas KRL. Selain itu, cleaning service juga harus proaktif dan tanggap dalam mengatasi berbagai hal yang berkaitan dengan kebersihan dalam KRL.

Yayasan Cleaning Service KRL

Terdapat sejumlah yayasan yang menyalurkan tenaga kerja sebagai cleaning service, termasuk cleaning service KRL. Beberapa yayasan pun juga mengadakan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat yang tergabung di dalamnya agar bisa menjadi tenaga cleaning service yang handal, terampil, dan proaktif. Dengan demikian, tenaga kerja yang disalurkan oleh yayasan tersebut mampu memberikan kinerja yang terbaik dan memuaskan.