Cara Mengukur Tekanan Darah Dengan Tensimeter Manual

Memiliki sebuah tensimeter sendiri merupakan satu solusi agar kita bisa mengecek tekanan darah kita setiap saat dan setiap waktu. Kita mengetahui bahwa tekanan darah merupakan satu parameter kesehatan yang perlu kita perhatikan. Tekanan darah dapat memicu banyak penyakit lain yang lebih berbahaya lahi. Oleh sebab itu, ide bagus apabila kita memiliki sebuah alat ukur tekanan darah di rumah.

Pertanyaan yang sering timbul adalah, apakah bisa kita menggunakan alat ukur tekanan darah ? Saya kan bukan tenaga medis ! Tidak jadi soal, yang penting kita mau belajar. Pengalaman saya yang hanya orang biasapun dapat menggunakan tensimeter manual dengan benar. Caranya ? Kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang pengukuran tekanan darah dengan tensi manual.

Cara Mengukur Tekanan Darah Dengan Tensimeter Manual

Oke, untuk dapat melakukan praktek ini anda tentu perlu memiliki alat ukur tekanan darah atau tensimeter. Anda bisa membelinya dengan harga murah di toko alat kesehatan terdekat rumah anda.

  • Langkah pertama, pasag manset pada lengkap anda dengan benar, dibagian bawah manset terdapat prosedur pemasangannya
  • Kedua, anda juga lebih baik menggunakan sebuah stetoskop untuk mempermudah mendengarkan denyu nadi
  • Setelah itu letakkan kepala stetoskop pada lengan anda dan pastikan terpasang dengan baik agar mudah terdeteksi
  • Pegang bola tensi dengan tangan kanan anda. Pompa pelan – pelan dan amati juga jarum pada manometer, hingga sampai 180 hentikan pompaan dan mulai lepaskan katup pelepas udara pelan – pelan sambil amati terus jarum manometer
  • Anda akan mendengarkan denyut nadi yang keras, catat dimana anda pertama kali mendengarnya. Itulah tekanan darah atas (sistol)
  • Perhatikan terus dan suara itu akan menghilang hingga tersisa seperti desir angin. Catat dimana anda mendengar ini. Itulah diastole
  • Jadi pengukuran anda sistol / diastole

Biasanya untuk kali pertama anda masih sulit melakukannya. Namun, lama – kelamaan anda pasti akan mudah dan terbiasa untuk melakukannya. Tensimeter manual memiliki keunggulan dibanding tensi digital yaitu keakuratannya yang lebih baik. Sekian, semoga bermanfaat !