5 Tips Menekan Biaya Pernikahan

Sebagian besar orang berpendapat jika menikah membutuhkan biaya mahal dan harus memiliki cukup modal. Sebenarnya mahal atau tidaknya menikah tergantung pribadi masing-masing. Jika ingin menikah dengan sederhana tentu saja tidak membutuhkan modal yang banyak dibandingkan menikah dengan modal besar dan mewah.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba jika ingin menikah dengan budget yang tidak terlalu besar dan bisa ditekan agar tidak dipusingkan dengan biaya pernikahan.

Minimalisir tamu undangan

Semakin banyak tamu undangan, artinya semakin banyak juga catering makanan yang harus Anda pesan. Agar tidak terlalu memakan banyak biaya, undang orang-orang terdekat saja.

Manfaatkan jasa teman

Dengan memanfaatkan jasa atau usaha berkaitan dengan pernikahan yang dimiliki oleh teman, seperti make up, fotografer, dan lain sebagainya, Anda bisa menghemat biaya dengan mendapatkan harga miring.

Manfaatkan jasa situs undangan online

Pernikahan memang identik dengan undangan. Agar tidak banyak keluar biaya, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan undangan online. Undangan online ini cukup berikan kepada orang-orang terdekatmu seperti teman kerja, kuliah, atau teman masa sekolah.

Namun, untuk mereka orang tua, sebaiknya tetap menggunakan undangan cetak agar terkesan sopan dan menghargai.

Baju seragam keluarga tidak perlu

Tak perlu keluarkan biaya besar untuk baju seragam keluarga. Mintalah kepada seluruh keluarga besar untuk memakai baju dengan warna senada. Ini juga bisa memperkecil biaya pernikahan.

Pilihlah vendor atau jasa dekorasi dengan harga miring

Dekorasi pasti erat hubungannya dengan pernikahan. Dekorasi ini biasanya mencangkup backdrop, ucapan selamat datang, dan sebagainya yang biasanya dihias oleh bunga. Selain itu, ada juga buket bunga yang harus dibawa oleh si pengantin wanita. Oleh karena itu, pilihlah jasa dekorasi bunga dan buket bunga pada toko bunga yang benar-benar terpercaya dan berpengalaman.