Kemampuan Deepwork Manusia Bisa Hilang Akibat Ponsel

Ketagihan menggunakan gadget ternyata bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan deep work. pENULIS padahal, kemampuan itu bisa menjadi kekuatan super pada abad mendatang. BeLum Lama ini ramai diberitakan CEO Amazon, Jeff Bezos, menerima surel berisi pemerasan dari sebuah media yang memiliki foto-foto intimnya sedang bersama kekasihnya. Yang menarik perhatian adalah beberapa kali dalam foto-foto tersebut Jeff terlihat sedang memegang ponsel, bahkan pada saat-saat paling intim.

Almarhum Nukman Luthfie, seorang pakar media sosial, pernah berkelakar, zaman sekarang sepertinya jarang orang yang kecopetan ponsel. Pasalnya, ponsel selalu dipegang dan dipelototi terus-menerus. Sementara itu, frekuensi penggunaan ponsel sudah dalam tahap yang cukup mengkhawatirkan hingga ada orang yang merasakan serangan panik apabila harus berpisah dengan ponselnya meski hanya sehari. Menurut sebuah penelitian dari Digital GFK Asia pada tahun 2016, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 5,5 jam bermain ponsel mulai dari bangun hingga beranjak tidur. Studi yang dilakukan Nottingham Trent University menunjukkan ratarata orang memeriksa ponsel 85 kali dalam sehari.

Penelitian lain dari Majalah Marie Claire pada tahun 2018 secara khusus pada 600 perempuan menunjukkan, rata-rata perempuan mengecek ponselnya setiap tujuh menit. Di Amerika Serikat, menurut data eMarketer, rata-rata orang dewasa menghabiskan 3 jam 35 menit per hari bersama ponselnya (pada tahun 2018). Penelitian Pew Research Center tahun 2018 menemukan tingkat pemakaian ponsel oleh remaja (berusia 13-17 tahun) lebih mengkhawatirkan lagi. Mereka menghabiskan ratarata sembilan jam per hari untuk bermain ponsel.

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Coba bandingkan penggunaan ponsel Anda sendiri dengan data-data di atas, apakah masih wajar atau dalam tahapan yang mengkhawatirkan?

Mendorong Kapasitas Kognitif

Penelitian dari University of Oxford mencoba menemukan berapa lama penggunaan ponsel yang masih aman, dan menemukan bahwa penggunaan gadget atau gawai di atas 4 jam 17 menit berpotensi mengganggu kinerja otak, khususnya pada remaja, yang menjadi subyek penelitian tersebut. Ketergantungan kita terhadap ponsel, keadaan terhubung terus-menerus, dan banyaknya waktu yang kita habiskan bersama ponsel kini sudah menjadi hal yang lazim. Kita terbiasa dengan adanya distraksi terus-menerus, sehingga para ahli mulai khawatir ada kemampuan-kemampuan yang akan menurun akibat kebiasaan ini.

Dalam bukunya Deep Work, Rules for Focused Success in a Distracted World, Cal Newport berargumen bahwa ada keahlian yang berpotensi hilang dalam dunia yang penuh distraksi ini. Kemampuan tersebut disebutnya dengan istilah deep work. Kemampuan deep work didefinisikan sebagai aktivitas profesional yang dilakukan dalam kondisi konsentrasi penuh—atau bebas dari gangguan—sehingga mendorong kapasitas kognitif kita semaksimal mungkin. Dalam buku tersebut, Newport berargumen bahwa banyak karya besar yang dihasilkan dengan berkonsentrasi penuh dalam kondisi deep work, bebas dari gangguan seperti surel, media sosial, dan lain-lain.

Kemampuan deep work menjadi semakin penting ditekankan pada saat ini karena sangat kontras dengan perilaku sebagian besar pekerja modern, kelompok yang dikhawatirkan oleh Newport semakin melupakan nilai bekerja mendalam. Sebagai kebalikan dari deep work, banyak pekerja modern terbiasa dengan shallow work, yakni tugas-tugas yang tidak terlalu menuntut secara kognitif, bisa dikerjakan dalam keadaan terdistraksi. Usaha-usaha ini cenderung tidak menghasilkan nilai yang tinggi dan mudah direplikasi. Newport khawatir apabila kita terbiasa dengan shallow work, kita akan kehilangan kemampuan untuk melakukan deep work.

Orang-orang didunia menggunakan ponsel biasanya untuk mendaftar poker online dan kemudian memainkanya sampai lupa waktu. Ada pula yang menggunakanya untuk sosial media. Ponsel sekarang ini sudah canggih, banyak game yang bisa dimainkan melalui ponsel dan tidak jarang orang ketagaihan. Bila kamu termasuk orang yang suka main permainan poker atau game lainya, jaga lupa untuk membatasi diri seberapa lama memainkanya.