Begini Cara Mengunjungi Pulau Tidung Sendiri

Langkah pertama sebelum pergi langsung ke medan dan mengunjungi Kepulauan Seribu, pulau Tidung adalah mengetahui tujuan kita dengan aman, seperti di mana letaknya, bagaimana menuju ke sana dan tidak ada apa-apa di sana. Ini sangat penting untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan sekaligus agar kita dapat benar-benar menikmati liburan kita.

Tentukan Tujuan dan Jenis Liburan

Tujuan liburan harus ditetapkan sebelum pergi, misalnya, apa yang akan dikunjungi, hal-hal apa yang akan dilakukan dan juga jenis liburan apa. Apakah Anda ingin jadi backpacker yang tinggal di tenda atau Anda ingin menginap di penginapan?

Ini harus ditentukan sejak awal, tidak mungkin berpura-pura melihat matahari terbit tetapi Anda tidak tahu pantai mana yang terbaik untuk dilihat dan pada jam berapa. Jadi, jika Anda menginginkan tipe Backpaker, bagaimanapun semua persyaratan tidak lengkap juga akan merusak liburan Anda.

Hitung Budget dengan Tepat

Hitung anggaran yang akan Anda keluarkan seakurat mungkin, temukan perkiraan biaya kegiatan yang akan Anda lakukan dan kemudian susun daftar biaya-biayanya. Jangan lupa menambahkan setidaknya 10% dari dana untuk berjaga-jaga, siapa tahu ada hal-hal lain yang ingin Anda kunjungi saat mengunjungi Pulau Tidung.

Setelah menyusun daftar harga total, bandingkan apakah total dana jauh dari anggaran yang Anda rencanakan atau tidak, jika Anda merasa terlalu berat, kurangi beberapa kegiatan sehingga kegiatan liburan Anda untuk mengunjungi Pulau Tidung tidak menjadi beban. Nanti saat melakukan kegiatan Anda lupa ketika dana bahkan lebih atau cukup untuk melakukan semua kegiatan yang Anda inginkan.

Pesan Tiket Kapal

Memesan tiket kapal ke Pulau Tidung memiliki 2 pilihan, yaitu dari dermaga Kaliadem atau dermaga Marina, Ancol. Jangan salah dan berpikir bahwa keduanya sama, karena dermaga Marina, Ancol secara khusus speedboat yang harganya lebih mahal tetapi lebih nyaman dan lebih cepat, sedangkan dermaga Kaliadem adalah untuk kapal umum dengan waktu tempuh lebih lama.

Untuk jadwal keberangkatan kapal dari Kaliadem, hanya ada 3 kali, yaitu 7:30, 10:30 dan 13:00 WIB. Setidaknya itu harus sudah di dermaga 1 jam sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan tiket kapal karena saat ini pulau-pulau wisata di Kepulauan Seribu ramai dengan jumlah pengunjung.

Persiapkan Perlengkapan di pulau tidung

Peralatan yang akan dibawa untuk mengunjungi Pulau Tidung, tentu saja, menyesuaikan dengan jenis liburan Anda, misalnya, jika Anda menginginkan tipe Backpaker, tentu saja Anda akan membawa tenda, kasur dan lampu untuk penerangan. Jangan lupa juga membawa bekal makanan dan kompor masak portabel karena jika Anda sudah berkemah, tentu saja, Anda tidak akan menderita jika Anda tidak memasak makanan sendiri setidaknya sekali untuk makan malam atau sarapan, kan?

Tetapi jika Anda menginginkan liburan biasa, setidaknya pesanlah penginapan tersebut sebelum berangkat sehingga tidak ada kenaikan harga atau terlalu mahal. Saat ini, Anda dapat memesan beberapa penginapan dari berbagai situs pemesanan tiket, jadi pilih akomodasi mana yang sesuai dengan anggaran, kenyamanan, dan lokasi Anda.

Waktu keberangkatan

Jika semuanya telah diselesaikan dan siap, sekarang tinggal menentukan waktu keberangkatan. Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Tidung lebih santai dan lega, datanglah dari Senin hingga Jumat, Senin hingga Rabu, tetapi jika Anda menyukai suasana yang ramai, akhir pekan adalah waktu yang tepat, tetapi ingat bahwa karena akhir pekan, seperti Anda mungkin harus datang lebih cepat.