Film Anime Selalu Menghadirkan Cerita Yang Seru Dan Menarik

Beberapa tahun terakhir dunia perfilman anime sub indo Jepang sedang didominasi oleh sebuah trend, yaitu adaptasi layar lebar dari serial-serial manga ternama. Adaptasi karya manga ke layar lebar memang bukan hal yang baru. Tercatat sejak tahun 70-an, proses seperti ini telah menjadi suatu hal yang dapat mengundang perhatian orang banyak. Di awal 2000-an pun trend ini sempat populer ketika muncul adaptasi dari judul-judul terkenal seperti Death Note, Detroit Metal City, dan 20th Century Boys. Meski menarik banyak perhatian orang, trend tersebut tidak berjalan lama.

Adaptasi layar lebar dari serial manga pun bukan hal yang mudah, karena para sutradara harus sungguh-sungguh mencari aktor yang memiliki karakter yang sangat sesuai dengan tokoh dari manganya, hingga membentuk latar semirip mungkin dengan aslinya. Belum lagi kemungkinan untuk gagal juga sangat besar karena para fans dari serial original sangat sulit dipuaskan. Selain itu, menarik perhatian  fans baru yang belum pernah menyentuh karya aslinya sama sekali bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Namun, pada tahun 2014 adaptasi dari dari manga legendaris Rurouni Kenshin berhasil membangkitkan kembali trend ini.  Rurouni Kenshin sukses menarik jutaan penonton dari seluruh dunia, bahkan orang awam yang belum pernah membaca manganya. Hal tersebut tentu tidak lepas dari aktor-aktor besar yang dilibatkan didalamnya, juga dengan keseriusan para sutradara untuk menulis cerita yang semirip mungkin dengan aslinya. Sejak saat itu bisnis adaptasi ini menjadi semakin serius dimana hal ini menjadi tempat persaingan yang luar biasa bagi industri hiburan di Jepang. Kini, setiap taun selalu saja ada film hasil adaptasi manga yang menghiasi deretan box office Jepang. Meski banyak juga yang terbilang gagal memenuhi ekspetasi para penonton anime batch seperti film Attack on Titan. Di Tahun 2016 kemarin, ada beberapa judul terkenal yang siap dirilis hampir setiap bulan, beberapa diantaranya seperti Your Lie in April, Assasination Classroom, Chihayafuru, I am Hero, Terraformars, dan Boku Dake Ga Inai Machi. Nah, di tahun 2018 sepertinya trend ini masih belum berakhir. Tahun ini diwarnai pertarungan film live-action yang diangkat dari sejumlah manga populer.