Manfaat Tanaman Hias Bunga Safron

Bunga Safron berasal dari bunga Crocus Sativus. Setiap bunga safron memiliki tiga kepala putik atau stigma. Bagian tangkai putik, tangkai yang menghubungkan antara kepala putik dan bagian dalam bunga ini yang disebut Saffron Crocus.

Baca juga : bunga papan jakarta

Keistemewaan Bunga Safron

Image result for bunga saffron

Secara fisik, bunga ini termasuk bunga yang indah. Bunga Safron juga termasuk bunga yang mahal karena memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Manfaat Bunga Safron Untuk Bahan Makanan

Image result for bunga saffron untuk makanan

Bunga Safron dapat menjadi bumbu bahan makanan. Yang paling sering ditemui yaitu pad anasi briyani. Warna kuning pada nasi briyani berasal dari safron crocus.

Manfaat Bunga Safron Untuk Kesehatan

Image result for bunga saffron untuk kesehatan

Memiliki kandungan zat antikarsinogenik, bunga safron berguna untuk mnecegah penyakit kanker. Saffron Crocus mengandung beragam nutrisi seperti serat, protein, vitamin A (karotene), B, dan C, selenium, kalium, magnesium, zinc, natrium, fosofor dan asam folat.

Bunga safron berkhasiat dapat mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan syaraf seperti parkinson dan alzaimer. Manfaat lainnya yaitu menjaga fungsi organ-organ tubuh, menjaga kelancaran aliran dan tekanan darah dan kolesterol, menaikkan stamina, menaikkan hormon kesuburan, mengurangi risiko penyakit jantung, melancarkan haid, dan menambah daya ingat.

Manfaat Bunga Safron sebagai Parfum

Image result for parfum bunga saffron

Orang-orang di Timur Tengah telah lama memakai Saffron Crocus ke dalam campuran wewangian mereka. Konon orang yang sedang sakit kepala saat mencium harum Saffron Crocus ini dapat reda sakitnya.