Solusi Sederhana Anti Rayap yang Mudah Dilakukan

Permasalahan yang sering muncul di rumah adalah cara membasmi rayap pada bahan kayu furnitur di rumah Anda. Melelahkan bahkan sebagian orang menyerah kalau sudah berurusan dengan hewan kecil pemakan kayu tersebut. Ada tips sederhana yang mudah dilakukan sebagai solusi anti rayap supaya furnitur dari bahan kayu di rumah Anda tidak dimakan rayap.

1. Memperbaiki keramik yang rusak

Keramik merupakan bagian rumah yang cukup penting untuk mencegah masuknya air ke dalam rumah. Kalau keramiknya ada yang pecah, tentu air dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Hal ini bisa membuat kondisi rumah menjadi basah dan lembab. Kondisi rumah yang lembab disukai oleh rayap. Sebelum terlambat, kalau ada keramik yang memang sudah rusak segeralah diperbaiki.

2. Menjaga kontak langsung kayu dengan tanah

Terjadinya kontak secara langsung antara tanah dengan kayu membuat furnitur yang terbuat dari kayu akan cepat lembab, sehingga kayu mudah menjadi lapuk. Kondisi seperti ini sangat disukai oleh rayap. Dengan cepat kayu tersebut akan menjadi santapan empuk bagi para koloni rayap. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan pembatas dengan batu bata, misalnya. Supaya kayu dan tanah tidak langsung bersinggungan.  

3. Mengecat furnitur rumah berbahan kayu

Furnitur rumah Anda pasti banyak yang terbuat dari bahan kayu. Kadang muncul kekhawatiran bagaimana supaya aman dari serangan rayap. Apalagi kalau terbuat dari kayu yang mudah lapuk, tentu Anda harus lebih ekstra hati-hati untuk merawatnya. Ada solusi anti rayap yang bisa dilakukan dengan cara sederhana, salah satunya dengan memberikan pernis atau mengecat kayu tersebut.  Rayap tidak menyukai kayu yang ada plitur atau catnya. Dengan demikian, furnitur rumah Anda menjadi lebih aman dari serangan rayap.

Tiga solusi cara sederhana anti rayap diatas bisa Anda lakukan di rumah. Caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga untuk melakukannya. Meskipun terlihat sederhana, tapi kalau bisa dilakukan secara baik, maka permasalahan furnitur rumah Anda dengan rayap bisa teratasi dengan mudah.  Dan yang pasti, semua peralatan rumah tangga Anda bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.