Cara Mengatasi Jerawat di Usia Remaja

Masalah jerawat seringkali dikaitkan dengan masa pubertas. Di masa remaja, memang banyak sekali hal yang bisa memicu munculnya jerawat, mulai dari perubahan hormon hingga meningkatkan aktivitas. Namun, bertambahnya usia juga bukanlah jaminan jika masalah jerawat akan hilang.

Faktor penyebab jerawat boleh jadi sebuah daftar panjang yang tiada akhir. Kendati demikian pun, jerawat dapat diatasi dengan perawatan yang konsisten serta sesuai kebutuhan.

Nah, untuk Anda yang sedang mengalami jerawatan di usia remaja, begini skema perawatan yang dibutuhkan. Mari kita simak ulasan ini hingga akhir.

1. Gunakan pembersih yang lembut

Pada usia 20-an, kelenjar minyak akan menyusut secara alami, sementara kulitmu butuh minyak alaminya supaya tetap terhidrasi dan tetap sehat. Pembersih wajah yang lembut akan membantu menghindari iritasi dan dapat memperburuk jerawat yang ada.

2. Gunakan eksfoliasi kimia

Eksfoliasi kimia wajib masuk dalam daftar reguler skincare Anda, baik itu dalam bentuk toner, ataupun serum yang mengandung salicylic, glycolic, AHA dan BHA. Semua kandungan tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori tersumbat, dan mencegah jerawat datang.

3. Spot treatment

Dari beberapa kandungan skincare untuk mengatasi jerawat tentunya dapat menyebabkan kulit kering, oleh karena itu cobalah untuk menggunakan spot treatment supaya jerawat bisa teratasi namun kulit wajah secara keseluruhan tidak akan menjadi kering. Anda pastinya membutuhkan ini, karena kulit yang kering akan bisa menimbulkan masalah lain seperti misalnya, keriput.

4. Pakai krim anti-aging

Garis halus dan bintik hitam dapat muncul karena jerawat dan proses pemulihannya. Untuk itu pertimbangkanlah untuk menggunakan serum dan pelembap dengan kandungan antiaging seperti vitamin C, antioksidan, dan SPF.