5 Tips Keamanan WhatsApp yang Wajib Anda Ketahui

WhatsApp sendiri telah meningkatkan keamanan para penggunanya dengan menggunakan teknologi end-to-end encryption. Dengan teknologi ini, memungkinkan setiap konten yang dikirim atau diterima pengguna akan sulit untuk diretas oleh pihak luar.

Meskipun begitu, keamanan sekuat apapun terlihat akan selalu ada celah yang dapat ditembus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita mengetahui tips keamanan WhatsApp di berikut ini supaya nantiinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5 Tips Keamanan WhatsApp

1. Periksa Enkripsi Percakapan

WhatsApp akan secara otomatis langsung mengenkripsi semua pesan. Setiap penggunanya juga dapat langsung mengecek apakah fitur enkripsi sudah aktif untuk menghindari informasi pribadi yang terkirim melalui pesan.

Caranya yaitu dengan membuka informasi kontak lawan bicara di nama atau nomornya untuk melakukan verifikasi enkripsi sebelum memulai percakapan dengan kontak lainnya. Lalu kode ini dapat diverifikasi secara manual dengan membanding digitnya, atau dengan memindai kode QR.

2. Aktifkan Notifikasi Keamanan

Dengan mengaktifkan notifikasi keamanan ini, WhatsApp bisa mengirim pemberitahuan saat kode keamanan enkripsi sudah berubah. Biasanya, fitur tersebut berguna saat pengguna WhatsApp memindahkan data backup obrolan dari ponsel lama ke ponsel yang baru.

Untuk mengaktifkan nofitikasi keamanan, Anda bisa buka Setting, pilih Account, kemudian Security. Dalam jendela Security ini nyalakanlah ‘Show security notification’.

3. Aktifkan Two-Factor Authentication

Two-Factor Authentication atau verifikasi keamanan dua langkah merupakan fitur andalan dari WhatsApp itu sendiri dalam mengamankan penggunanya. Untuk mengaktifkannya, Anda buka fitur Setting, lalu pilih Account, kemudian pilih Two-step verification.

Aktifkan fitur dengan menekan tombol Enable. Pengguna nantinya akan diminta membuat enam digit PIN. Jangan lupa untuk menambahkan alamat email untuk melakukan reset PIN bila Anda lupa nomornya.

4. Gunakan Keamanan Password Pihak Ketiga

Meskipun telah mengaktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah, boleh juga menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk mengamankan akun WhatsApp. Unduh aplikasi password pihak ketiga yang ada di Google Play Store, tersedia banyak pilihan aplikasi. Pastikan untuk mengunduh aplikasi yang terpercaya dan memiliki rating terbaik.

5. Atur Privasi WhatsApp

Privasi WhatsApp juga dapat menjadi celah keamanan yang tidak terduga dan dapat dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab. Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat kapan terakhir membuka WhatsApp, foto profil, tentang, status, dan lokasi. Daan bisa juga mematikan tanda terima pesan centang biru.