Kedepankan Rasa Ingin Tahu

Metode pengajaran di camp menerapkan Self Organized Learning Environment (SOLE). Metode ini mengedepankan rasa ingin tahu anak, dengan pengembangan karakter melalui team work. Ketika belajar, 1 komputer untuk 3 anak. Masing-masing anak memiliki tugas berbeda. Ada yang menjadi programmer yang membuat program, ada yang menjadi desainer yang bertugas mengimajinasi game akan seperti apa.

Selain itu ada yang bertugas menjadi project manager yang menciptakan kerja sama tim yang baik. “Posisi ini di-rolling sehingga pada akhirnya nanti mereka boleh memilih berada di posisi mana. Kelas ini bisa dimulai kelas 1 SD hingga kelas 3 SMP,” jelas Aranggi. Penelitian di Amerika menunjukkan dengan memasukkan pendidikan akademis di dalam game akan membuat anak belajar berpikir kritis. Hasilnya kemampuan matematika pun meningkat, sekitar 30%.

Aranggi bercerita tentang anaknya, yang semula malas belajar, tidak disiplin, namun setelah mengikuti program di Coder Camp, nilai ujian matematika dan science mendapat perfect score. “Ini perkembangan yang sangat bagus,” katanya. Dengan adanya Coder Camp, hubungan Aranggi dan keluarga pun semakin erat karena ia tak perlu “ngantor” di luar rumah. “Kantornya ada di lantai bawah,” kata Aranggi. Apalagi, dalam membangun Clevio ia bahu membahu bersama istrinya.

Sementara anak sulungnya, saat ini senang sekali membuat game. “Ia bahkan sudah menjual game ke teman-temannya, sudah bisa mencari uang sendiri,” ucap Aranggi. Di bulan Mei ini, Clevio Coder Camp akan meluluskan siswa yang ke-100. “Mereka disebut dengan Coder dan mereka memiliki kartu Coder setelah lulus,” jelas Aranggi.

Namun ia merasa masih ada kesulitan hingga sekarang. “Persepsi orangtua pada game masih cenderung lebih banyak negatifnya. Ketika mendengar kata “Game” banyak orangtua yang antipati karena membayangkan anak akan kecanduan game, kemudian malas belajar,” kata Aranggi. Padahal, lanjutnya, lewat game kita bisa meningkatkan kemampuan belajar anak.

Di universitas tentunya ada jurusan programing dan untuk masuk universitas terkemuka dibutuhkan persiapan  yang matang sejak dini. Agar anak siap untuk masuk di universitas terkemuka berikan dia persiapan dengan mengikutkan program belajar di lembaga pelatihan tes masuk universitas luar negeri terbaik. Agar anak bisa lulus tes dengan mudah dan lancar.