Contoh paragraf teks eksplanasi terlengkap dan benar

Pembahasan secara rinci tentang contoh paragraf teks eksplanasi, jadi harap perhatikan ulasan terperinci dalam artikel ini .

Pada kesempatan ini, kita tidak hanya akan membahas definisi teks eksplanasi, tetapi lebih jauh lagi, kita juga akan mengeksplorasi secara mendalam teks eksplanasi itu sendiri, mulai dari struktur teks eksplanasi, aturan bahasa teks eksplanasi, karakteristik teks penjelasan untuk tidak lupa juga contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam

Karena itu, jika Anda ingin mengetahui bab teks eksplanasi ini secara terperinci dan dalam istilah tertentu, maka Anda berada di pos yang benar karena saya akan menjelaskannya secara lengkap dan lugas untuk kalian semua , mari simak penjelasan berikut :

Contoh paragraf teks eksplanasi terlengkap dan benar

Oke, yang pertama akan kita bahas adalah apa teks eksplanasi itu sendiri, silakan lihat review berikut ini 🙂
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa adalah peristiwa alam atau sosial yang terjadi dalam kehidupan kita setiap hari.

Jika tidak lengkap, silakan buka tautan berikut ini https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/

Jadi dalam penjelasan ini penekanannya adalah pada proses sesuatu yang terjadi dan sepenuhnya dijelaskan dan didasarkan pada fakta sebagaimana adanya.
Sekarang Anda mengerti definisi teks eksplanasi, itu cukup sederhana dan tentu saja tidak sulit untuk dipahami. Tetapi, untuk lebih memperdalam pengetahuan Anda tentang teks ini, Anda juga perlu mengetahui struktur teks penjelasan yang benar. Silakan lihat ulasan berikut.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks penjelasan terdiri dari tiga struktur yang menyusunnya dalam satu unit. Harap perhatikan penjelasan apa pun.

  • Deklarasi Umum (General Declaration), adalah bagian yang berisi penjelasan tentang argumen atau masalah yang menjelaskan proses mengapa dan bagaimana suatu fenomena dapat terjadi jika fenomena alam atau sosial terjadi.
  • Urutan penjelasan adalah bagian yang berisi urutan proses di mana suatu fenomena terjadi berdasarkan urutan temporal atau urutan proses.
  • Interpretasi adalah bagian penutup yang umumnya berisi pernyataan atau kesimpulan keseluruhan

Ciri-Ciri dari Teks Eksplanas

Setelah mengetahui struktur teks ini, kami akan menemukan karakteristik teks penjelasan itu sendiri sehingga lebih mudah bagi Anda untuk membedakan teks ini dari teks lain.

  • Apa yang dibahas dalam teks penjelasan semuanya didasarkan pada kenyataan tanpa pendapat penulis
  • Apa yang diperiksa adalah peristiwa ilmiah atau yang berhubungan dengan sains
  • Ini informatif dan tidak mencoba mempengaruhi orang-orang yang membaca untuk percaya apa yang sedang dibahas

Aturan bahasa Teks Penjelasan

Berikut adalah aturan linguistik dari teks penjelasan yang benar:

  • Ia sering menggunakan istilah ilmiah
  • Dia sering menggunakan kata kerja material dan relasional
  • Gunakan waktu dan hubungan sebab akibat, misalnya sebagai berikut: lalu, sebelum, sesudah, jika, jika, jadi

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam Beserta Strukturnya

Setelah memahami, karakteristik, aturan bahasa dan struktur teks penjelasan yang telah kita bahas, kita akan membahas contoh teks penjelasan selanjutnya.

Sekarang kita akan membahas fenomena banjir yang merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi. Jadi mohon diperhatikan 🙂

Pernyataan umum
Banjir adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi di berbagai wilayah negara. Sederhananya, banjir dapat diartikan sebagai keberadaan air di suatu daerah yang meliputi daerah di mana sebelumnya tanah. Ada 2 penyebab utama yang menyebabkan banjir, yaitu faktor alam dan faktor sosial.

Penjelasan
Faktor pertama adalah faktor alami, yaitu faktor yang disebabkan oleh kondisi alam yang sama. Intensitas tinggi dan kejadian hujan yang tahan lama menjadi penyebab yang sering terjadi. Hujan deras telah menyebabkan daerah-daerah di mana waduk tidak bisa lagi menahan air hujan yang kemudian akan meledak dan membanjiri daerah sekitarnya. Bukan hanya karena hujan lebat, banjir juga bisa disebabkan oleh letusan gunung berapi yang dikenal sebagai banjir lahar dingin.

Faktor selanjutnya adalah faktor sosial. Faktor sosial menjadi penyebabnya, yang seringkali juga merupakan faktor banjir utama. Limbah perilaku manusia, pembalakan liar, konstruksi bangunan di waduk adalah penyebab banjir.

Perilaku sampah tersebut menyebabkan penumpukan sampah di banyak bagian sungai yang pada gilirannya akan menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya pengaliran sungai yang akan mengurangi kapasitasnya. Inilah yang menyebabkan air meluap karena kapasitas berkurang.

Interpretasi
Banjir sebenarnya telah menjadi salah satu fenomena yang cukup mengganggu kita dalam kinerja aktivitas sehari-hari. Penyebabnya mungkin karena sifat atau perilaku buruk kita dengan tidak menjaga dan merawat lingkungan. Kedua faktor ini memiliki hubungan timbal balik, tetapi kita dapat mengubahnya dengan menyesuaikan perilaku kita agar tetap mencintai lingkungan.

Demikianlah pembahasan tentang artikel teks eksplanasi , semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat postingan berikut https://rumusrumus.com/