Nutrisi & Stimulasi Penting untuk Sang Buah Hati

Sebagai seorang Ibu, tentu saya selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam segala hal. Saya sungguh menikmati tantangan untuk selalu mendampingi Sheemar dalam perkembangannya dan menjadi kebanggaan tersendiri ketika melihat hal-hal sederhana yang menjadi keberhasilan di setiap langkah kecilnya. Misalnya ketika ia mencoba untuk memakai sendiri pakaiannya, atau merapikan kembali mainannya. Atau ketika dia berhasil membaca doa sebelum makan atau doa sebelum tidur dengan baik.

Saya cenderung tipe yang agak pemilih dalam memilih nutrisi untuk Sheemar. Ini merupakan salah satu peran saya sebagai seorang Ibu, untuk benar-benar mengerti apa yang terbaik buat Sheemar. Tidak hanya dalam memilih soal makanan padat pilihan, susu pertumbuhan juga merupakan salah satu keputusan yang butuh konsiderasi banyak sebelum memilih. Saya ingin memastikan bahwa nutrisinya tidak hanya bisa mendukung kecerdasannya, tetapi juga bisa optimal di seluruh aspek tumbuh kembangnya. Maka dari itu, saya memilih Vitalac, karena setelah membandingkan dan juga melihat dari berbagai sumber informasi yang saya baca, kandungan nutrisi Vitalac yang saya percaya untuk mendukung kecerdasan dan tumbuh kembang optimal si Kecil.

Berdasarkan apa yang saya baca, ternyata stimulasi yang kita berikan pada anak juga tak kalah penting. Dengan aktivitas fi sik yang sederhana misalnya melalui permainan dan olahraga, bernyanyi, dan membacakan buku cerita adalah stimulasi yang coba saya berikan sekaligus menjadi halhal yang disukai Sheemar. Stimulasi-stimulasi kecil seperti ini yang mampu membantu stimulasi tumbuh kembang si kecil agar tidak hanya sehat, namun juga dapat mengasah kemampuan motorik hingga sosial yang baik.

Tinggi & Berat Badan Anak Usia 1—6 Tahun

Menurut kurva pertumbuhan yang diterbitkan oleh KMS (Kartu Menuju Sehat), pertumbuhan tinggi dan berat badan anak usia 1—6 tahun adalah sebagai berikut:

1. Usia 1—2 tahun.

Di usia setahun, tinggi badan anak kurang lebih 1,5 kali tinggi badan lahir. Rata-rata tinggi badan di rentang usia 1—2 tahun kurang lebih 80 cm atau mengalami kenaikan tinggi badan sekitar 6—10 cm. Untuk berat badan, umumnya di usia setahun mencapai 3 kali berat badan lahir. Di rentang usia 1—2 tahun, kenaikan berat berat badan berkisar 1,5—2,5 kg.

2. Usia 3—6 tahun.

Tinggi badan anak mengalami pertambahan rata-rata 6,75—7,5 cm per tahun. Pada usia 6 tahun, tinggi badan anak laki-laki mencapai kurang lebih 109 cm, sedangkan anak perempuan kurang lebih 108 cm. Untuk berat badan mengalami kenaikan rata-rata 2 kg per tahun.

Simak juga portal gaya hidup sehat agar mendapatkan informasi lebih yang berguna untuk menjaga tumbuh dan kembang anak serta kesehatan sekeluarga.