Olahraga Mudah Di Rumah Yang Hemat Dan Praktis

Olahraga merupakan bagian dari pola hidup sehat. Banyak orang yang melakukan olahraga dengan mendatangi tempat-tempat tertentu, seperti fitness centre, stadion, gedung olahraga dan lain sebagainya. Tetapi tidak semua orang bisa pergi ke tempat olahraga, hal itu disebabkan faktor waktu atau biaya. Solusinya adalah mereka lakukan dengan olahraga mudah di rumah yang praktis dan sederhana.

Memanfaatkan waktu luang dengan olahraga muda di rumah di tengah kesibukan kerja yang tinggi. Dengan mengatur waktu yang sesuai dan memilih jenis olahraga yang praktis dan sederhana, olahraga pun bisa dilakukan di rumah. Beberapa jenis olahraga yang ringan, praktis dan sederhana antara lain sebagai berikut:

Jogging di Rumah

Jogging merupakan jenis olahraga yang praktis, sederhana dan mudah. Untuk bisa olahraga jogging di rumah bisa memanfaatkan halaman rumah. Yang perlu diperhatikan sebelum jogging sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu, untuk menghindari cedera otot.

Dengan jogging pernapasan dan otot-otot kaki mejadi terlatih. Waktu untuk jogging sebaiknya jangan terlalu lama, yang penting rutin dilakukan. Beberapa jenis olahraga jogging, seperti; naik-turun tangga, skipping, lari atau jalan di tempat dan lain sebagainya.

Olahraga Push-up

Push-up merupakan jenis olahraga mudah di rumah dan dimana saja. Sebab push-up dapat dilakukan di ruangan yang kecil atau sempit.  Banyak orang yang tahu gerakan push-up, tetapi sedikit yang melakukan dengan benar.

Untuk gerakan push-up dengan meletakkan tangan sebagai penyangga di sebelah kanan dan kiri tubuh dalam posisi tengkurap. Turunkan badan hingga hampir menyentuh lantai atau matras dengan posisi kaki dan tubuh tetap lurus, lakukan secara berulang-ulang. Jika olahraga push-up dilakukan secara rutin, maka otot lengan dan kaki akan terlatih.

Sit-up

Olahraga sit-up pada dasarnya sama dengan push-up, tidak membutuhkan ruangan yang besar dan mudah dilakukan. Posisi awal olahraga sit-up adalah berbaring dengan posisi kaki lurus dan tangan diletakkan di belakang kepala atau disilangkan di depan dada. Lakukan gerakan dengan mengangkat tubuh bagian atas hingga kepala dapat menyentuh lutut. Dengan melakukan gerakan sit-up secara rutin dan berulang-ulang akan melatih otot perut.

Senam Kebugaran

Senam kesegaran jasmani  atau semacam senam aerobik pun termasuk olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Cukup dengan melakukan berbagai gerakan olahraga dengan diiringi musik. Tujuan dari senam adalah menjaga kebugaran tubuh dan melatih pernapasan, jika dilakukan secara rutin.

Meskipun waktu luang yang dimiliki terbatas, berolahraga sebaiknya tetap dilakukan dan dijadikan sebagai bagian gaya hidup yang sehat. Pilihlah jenis olahraga yang mudah, praktis dan sederhana untuk dilakukan di rumah seperti pada artikel ini.