5 Jenis Bakso Yang Disukai Orang Indonesia

Bakso adalah salah satu jenis makanan yang sangat digemari semua orang. Baik tua, muda, laki-laki, perempuan, hampir semua orang menyukai bakso. Walaupun bukan asli kuliner nusantara, bakso tetaplah menjadi salah satu kuliner yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia.

Bakso umumnya terbuat dari daging sapi yang digiling dicampurkan dengan tepung tapioka kemudian dibentuk bulatan-bulatan. Namun, saat ini bakso juga terdapat banyak sekali varian daging yang digunakan seperti ayam, ikan, udang, dan sebagainya. Bakso yang berbentuk membulat merupakan jenis makanan yang sangat tidak lazim ditemukan dalam kuliner khas Nusantara. Hal ini dikarenakan memang bakso berasal dari luar wilayah Indonesia.

Menurut beberapa ahli, bakso berasal dari China. Kata bakso berasal dari bahasa Hokkien, yaitu Bak-so yang mempunyai arti daging yang digiling. Pada awalnya bakso di China umumnya menggunakan daging babi sebagai bahan dasarnya. Ketika masuk ke Indonesia perlahan penggunaan daging babi diganti dengan daging sapi karena alasan keagamaan. Resep baru bakso dengan daging sapi ditambah dengan beberapa rempah Indonesia yang menjadikan bakso di Indonesia sangat khas.

Dengan banyaknya penikmat bakso di negeri ini, maka tentunya menjadikan bakso sebagai salah satu bisnis di bidang kuliner yang sangat banyak diminati. Tak terhitung berapa banyak jenis usaha yang berhubungan dengan bakso. Mulai dari bakso yang dijual secara berkeliling hingga yang bakso yang mempunyai tempat yang tetap untuk berjualan semua ada di Indonesia. Bahkan saat ini beberapa pengusaha bakso ada yang juga membuka usahanya secara franchise.

Untuk usaha bakso, umumnya pengusaha bakso membuat sendiri resepnya dan mereka juga membuat baksonya sendiri. Namun untuk jenis usaha yang sudah besar, banyak diantaranya menggunakan mesin pembuat bakso untuk efisiensi waktu dan biaya. Selain itu, juga untuk menjaga kualitas dan ukuran agar sama akhirnya mereka lebih memilih menggunakan mesin. Apalagi saat ini, banyak juga tempat yang jual mesin untuk pembuatan bakso. Sehingga lebih memudahkan untuk melakukan dan mengembangkan bisnis baksonya.

Meskipun beberapa saat lalu berulang kali terkena isu seperti isu tentang bakso yang dicampur boraks dan daging tikus, hingga saat ini bakso tetap digemari. Popularitas bakso tetap tinggi bahkan produsen bakso terus berinovasi dengan membuat bakso dengan variasi yang baru. Bakso umumnya disajikan dengan kuah bakso yang gurih dan dilengkapi dengan beberapa pelengkap seperti mie, soun, atau lontong.

Cara penyajian bakso di berbagai daerah di Indonesia umumnya berbeda-beda. Baik dari pelengkap maupun lainnya yang menjadikan bakso memiliki kekhasan. Walaupun begitu ada beberapa jenis bakso yang sangat populer, beberapa diantaranya adalah:

1. Bakso Malang

Bakso Malang atau Bakwan Malang, merupakan bakso khas dari daerah Malang, Jawa Timur. Makanan satu ini sangat banyak di temui di Malang, dari penjual bakso yang berkeliling hingga outlet bakso di pusat perbelanjaan. Bakso Malang mempunyai varian yang sangat banyak dalam satu porsinya.

2. Bakso Urat

Bakso Urat merupakan jenis bakso yang berbeda jika dibandingkan bakso pada umumnya. Bakso urat bertekstur kasar, hal tersebut karena bakso urat terdapat isian berupa urat dan tetelan sapi. Isian tersebut menjadikan bakso urat bercita rasa lebih gurih

3. Batagor

Batagor merupakan salah satu jenis bakso yang berasal dari Kota Bandung. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Adonan batagor terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka yang kemudian ditambahkan ke tahu. Penyajian batagor lebih nikmat dengan memakai sambal kacang.

4. Bakso Tahu

Bakso tahu adalah jenis makanan yang hampir sama dengan batagor untuk bahannya. Bakso Tahu atau tahu baso adalah tahu yang dibelah bagian dalamnya kemudian diberi isian tepung tapioka dan daging sapi yang dihaluskan.

5. Bakso Bakar

Bakso bakar adalah salah satu jenis dari bakso yang diinovasi. Bakso bakar sama dengan bakso pada umumnya, Perbedaanya adalah cara dalam penyajiannya yaitu dengan cara dibakar seperti sate. Biasanya bakso tersebut menggunakan bumbu kecap atau bumbu kacang sebagai olesan saat proses dibakar.