Tips untuk Mengemudi Musim Dingin yang Aman

Jika Anda tinggal di mana salju terbang, Anda telah melihat pengemudi yang terlalu percaya diri melintas di jalan bersalju dan bertanya-tanya apakah — dan mungkin bahkan diam-diam berharap — mereka akan berakhir di selokan. Apakah mereka melakukannya atau tidak, satu hal yang pasti: Anda tidak ingin menjadi orang itu.

Dan Anda tidak harus seperti itu. Mengemudi dan menguji mobil selama bertahun-tahun (dan ban musim dingin) dalam kondisi musim dingin telah mengajarkan kami bahwa mengikuti sembilan aturan mengemudi musim dingin yang sederhana ini akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk tiba di tujuan dengan tenang, terkumpul, nyaman, dan — yang paling penting — aman.

  • Berkendara Super dengan Lancar

Kunci untuk berkendara yang aman di salju adalah halus dengan setir, akselerator, dan rem. Mengapa? Gerakan dendeng dengan kontrol dengan mudah melepaskan ban yang memiliki cengkraman renggang pada jalan yang licin, sehingga setiap belokan roda, dorongan rem, dan gerakan throttle harus disengaja, lembut, dan bertahap. Berpura-pura ada secangkir kopi mendidih di pangkuan Anda dan mengemudi agar tidak menumpahkannya.

  • Lihatlah Jauh Ke Depan

Semakin licin, semakin jauh Anda harus melihat — dan berpikir. Antisipasi apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya. Perlahan-lahan turun untuk belokan. Biarkan gandakan jarak penghentian saat jalan basah, tiga kali lipat di salju, dan lebih banyak lagi di es. Berkendara dengan hati-hati dan aman membutuhkan konsentrasi ekstra.

Tips untuk Mengemudi Musim Dingin yang Aman
  • Perhatikan Lampu Berkedip

Berapa banyak daya tarik yang Anda miliki di jalan bersalju? Salah satu cara untuk mengetahui sebelum Anda mendapat masalah adalah untuk memahami apa arti cahaya kecil, kuning, dan berkedip dalam gugus instrumen. (Ini garis besar mobil vios dengan garis berlekuk di belakangnya.) Jika Anda berakselerasi dalam garis lurus dan lampu ini berkedip, ini adalah sistem kontrol stabilitas yang memperingatkan Anda bahwa roda yang menggerakkan mobil tergelincir. Heed itu. Dan kendalikan akselerator agar ban kembali cengkeraman mereka.

Jika Anda berputar dan melihat lampu kuning berkedip, ini juga merupakan sistem kontrol stabilitas yang memperingatkan Anda bahwa mobil mulai meluncur dari jalur yang Anda tuju. Sekali lagi, kendurkan kembali akselerator sampai Anda tidak lagi menggunakan throttle apa pun; ini memungkinkan mobil untuk mendapatkan kembali pegangan. Dan jangan berakselerasi agresif saat berbelok di tikungan tajam di kota di jalanan bersalju atau berlumpur. Selalu masuk ke dalam akselerator sehingga tidak ada yang tidak diinginkan terjadi secara tiba-tiba.

  • Lihat Di Sini!

Jika Anda merasa mobil Anda mulai tergelincir, selalu, selalu, lihat ke mana Anda ingin pergi — bukan ke mana mobil itu menuju pada saat yang tepat. Biarkan penglihatan tepi Anda mengurus apa pun yang Anda coba hindari. Pengemudi balap tahu bahwa Anda hampir selalu berakhir di tempat yang Anda cari; itulah salah satu alasan mereka begitu pandai pulih dari tergelincir.

  • Hadapi Skid

Cepat atau lambat Anda akan mengenai tempat yang licin dan merasakan mual di perut Anda saat mobil Anda mulai meluncur menjauh dari arah yang Anda tuju. Selip, bahkan yang besar, dapat dikelola, dan Anda dapat mengembalikan mobil dalam kendali penuh dalam waktu singkat. Pertama, jangan panik — dan jangan menginjak rem! Sebagai gantinya, lakukan hal berikut:

Untuk selip roda depan — di mana ban depan kehilangan pegangan dan mobil berputar lebih lebar daripada yang Anda harapkan — kendurkan gas. Dalam satu atau dua ketukan, ban depan harus mendapatkan kembali traksi. Kemudian arahkan ke mana Anda ingin pergi ketika traksi Anda kembali.

Untuk selip roda belakang — di mana ban belakang kehilangan traksi dan Anda merasa diri Anda mulai berputar keluar — cepat-cepat putar setir ke arah yang sama dengan ketika bagian belakangnya meluncur. Jika, katakanlah, bagian belakang berayun ke kiri, putar roda ke kiri. Lepaskan akselerator dan jangan menginjak rem. Saat roda belakang mendapatkan kembali traksi, kembali ke arah semula.