Mengenal Penyakit Pneumonia

Pnuemonia merupakan sebuah penyakit infeksi yang menyerang organ paru paru. Organ ini sendiri memiliki peran yang penting dalam sistem pernapasan dan juga pada sistem peredaran darah. Paru – paru memiliki fungsi untuk menukarkan oksigen dari udara dan juga mengeluarkan karbondioksida dan juga uap air.

Pnuemonia sendiri disebabkan oleh sebuah bakteri, jamur mau pun virus yang akan menyerang organ paru paru dan infeksi ini akan membuat kantung udara pada paru paru meradang hingga terisi dengan cairan atau nanah.

Penyakit Pnuemonia ini akan ditandai dengan gejala yang ringan hingga pada level berat seperti demam, kedinginan, batuk hingga sulit untuk bernapas. Penyebaran dari penyakit Pnuemonia ini sendiri sering terjadi melalui bersin, batuk hingga saling bersentuhan. Bukan hanya mereka yang terjangkit Pnuemonia yang dapat menularkan penyakit ini bahkan mereka yang tidak menunjukkan gejala ini pun juga bisa menyebarkan penyakit Pnuemonia.

Banyak faktor yang mempengarhi siapa saja yang dapat beresiko terkena penyakit Pnuemonia ini dan bisa mempengaruhi juga seberapa serius suatu kasus Pnuemonia mulai dari jenis kuman apa yang menyebabkan infeksi dan penyakit Pnuemonia ini. infeksi yang menyerang paru paru, kesehatan seseorang secara keseluruhan hingga usia penderitanya juga menjadi salah satu faktor yang dapat menunjukkan separah apa kondisi mereka yang terjangkit Pnuemonia.

Penyakit ini pun bisa menyerang segala umur, mulai dari bayi, anak kecil hingga orang tua yang berusia di atas 56 tahun. Seseorang yang memiliki masalah kesehatan pun akan memiliki resiko yang lebih tinggi, bayi dan juga anak anak yang memiliki usia lebih dari dua tahun atau lebih resikonya pun juga akan lebih tinggi dikarenakan sistem daya tahan tubuh mereka yang belum matang dan belum berkembang sepenuhnya.

Selain itu kebiasaan dan juga perilaku hidup kurang sehat juga menjadi salah satu penyebabnya loh, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol hingga menggunakan obat obatan terlarang dapat meningkatkan resiko Pnuemonia. Hal ini dikarenakan paparan bahan kimia seperti polutan atau asap beracun yang dimiliki oleh rokok, alkohol dan narkoba menjadi salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan Pnuemonia.