Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mangga?

Jika musim buah mangga sudah datang maka aromanya yang harum mulai tercium di pasar atau di jalan umum yang banyak jual buah ini, beberapa penjual buah-buahan tropis ini juga ramai menjual buah-buahan mangga dari beberapa type. Sebutlah saja, mangga golek, mangga mana-lagi, & mangga harum-manis memang disenangi sebab rasa-rasanya yg sangat manis jika sudah matang.

Tidak hanya enak & manis, buah-buahan yang gurih ini juga nyatanya baik untuk kesehatan sebab didalamnya terkandung vit. C yang tinggi.

Tidak hanya jadi sumber vit. C, beberapa sumber website kesehatan memberikan info bahwa mangga juga sebagai sumber vit. A, vit. B6, vit. C, vit. E, kalium, & tembaga.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mangga? berikut dibawah ini penjelasan singkatnya.

Baca agar tidak salah paham!

Riset tunjukkan jika mangga mempunyai kekuatan untuk kurangi efek masalah metabolisme & peradangan akut, spt diekspos oleh Leonardo-Ortega, Direktur Riset di National Mango-Board.

Serta, beberapa riset yang dilakukan dibeberapa tempat tunjukkan jika buah-buahan ini bisa melawan cholesterol yang tinggi, masalah obesitas, & penyakit diabetes.

Berdasar hasil riset yg dikerjakan oleh Federation-of American-Societies foras-Experimental Biology (FASEB), memakan mangga tiap hari bisa mengatur & serta turunkan kandungan gula darah, walaupun kandungan gula dalam mangga termasuk natural. jual foredi di makassar

Di lain sisi, satu riset yang dikerjakan di Kampus Oklahoma mengutarakan jika mengonsumsi mangga menolong turunkan resistensi insulin & tingkatkan toleransi glukosa pada pasien diabetes.

Mangga yang memiliki warna kuning juga dipercaya memiliki kandungan serat-tinggi, anti-oksidan, vit. A, vit. B6, Vit. E, & K.

Mangga Matang

Tetapi, walau buah-buahan ini kaya akan berbagai vitamin, buah-buahan ini diakui memiliki kandungan kalori & gula yg cukup tinggi.

Oleh sebab itu cukup banyak yg menghindarkan mengonsumsi mangga. Khususnya beberapa pasien diabetes. Alasannya sebab buah-buahan ini dapat tingkatkan kandungan gula-darah dlm badan. crystal x makassar

Tetapi, apa pasien diabetes benar-benar tidak bisa konsumsi buah-buahan mangga?

Diterangkan oleh ahli gizi Fiastuti-Witjaksono, Kepala Departemen Gizi RSCM & spesialis gizi-klinik Fak.Kedokteran Univ.Indonesia pada salah majalah online ternama, buah-buahan mangga ialah buah-buahan lokal atau musiman yg berada di Indonesia.

Tidak hanya mangga, ada juga sawo yg termasuk buah-buahan dgn indeks glikemik tinggi. Beberapa buah-buahan lain yg tertera mempunyai kandungan gula yg tinggi ialah nanas, melon, pisang, mangga, apel, plum, jeruk, anggur, semangka, & kismis.

“Buah-buahan dgn kelompok ini sebetulnya yg butuh jadi perhatian. Sebab mempunyai kandungan gula yg tinggi hingga dianjurkan dikonsumsi dlm kadar yang wajar,” kata dokter spesialis gizi ini.

Jadi, berita baiknya, buah-buahan ini masih dapat dimakan oleh penderita yang mengalami diabetes dgn ketentuan memperhatikan jumlahnya yg dimakan.

Mirriam-Polunin, yg menulis buku Healing-Foods memberi penjelasan bahwa buah mangga memiliki kandungan enzim yg memberi pencegahan & melakukan proses pencernaan protein & serat.

Mangga dapat mengontrol pencernaan agar berfungsi supaya kerjanya lebih efektif.

Pasien diabetes bisa konsumsi mangga tiap hari. Tetapi dgn catatan, mereka cuma konsumsi 1/2 mangga dlm 1 hari, spt disebutkan pakar diabetes Dr Anil Bhroskar yang berasal dari SL Raheja Hospital.

“Satu orang pasien diabetes dapat makan 1/2 mangga tiap hari. Tetapi, mereka harus menghindarkan juice. , mereka harus jaga jarak 1 jam di antara makan & konsumsi mangga ”.

Bhoraskar juga merekomendasikan supaya pasien diabetes mengecek kandungan gula darah sesudah makan mangga.

“Bila kandungan gula darah melewati 25 %, karena itu jangan konsumsi buah-buahan mangga itu,” tegas Broraskar.

Hal seirama disebutkan oleh pakar gizi klinis Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, bahwa buah-buahan mangga ialah salah 1 buah-buahan yg kaya-nutrisi.

Tetapi, ia masih memperingatkan supaya mengkonsumsinya dgn berhati-hati & tidak bisa terlalu berlebih ditambah lagi untuk penderita diabetes.

“Semestinya jangan mengonsumsi buah yang begitu masak sebab kandungan gula didalamnya begitu tinggi. Semestinya mengonsumsi yg belum terlalu matang, itu lebih sehat,”

Buah-buahan mangga makin masak, kandungan glukosanya makin tinggi. Jadi, benar-benar beresiko buat mereka yg menderita diabetes.

Diluar itu, Lokendra-Tomar dari Weight-Loss-Clinic di NewDelhi, merekomendasikan supaya pasien diabetes harus juga memperhatikan konsumsi karbohidrat yg diperlukan.

Karena, untuk pasien diabetes, keseluruhan konsumsi karbohidrat semestinya cuma 100 gr /hari. Sedang mangga ialah buah-buahan yang tinggi karbohidrat.

Dlm seratus gr mangga membuahkan dua puluh gr karbohidrat. Berarti, bila pasien diabetes ingin konsumsi mangga, semestinya jauhi konsumsi sumber lain yang mengandung karbohidrat spt beras atau gandum. Lalu, semestinya mangga harus dikonsumsi di waktu siang saja.

Mangga tidak hanya dikupas & dikonsumsi langsung dapat juga jadikan selai mangga atau jadikan puding, jadi sajian penutup.