Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C ?

Jadi sobat sehat, sebelum saya membahas lebih dalam, apa sih gejala yang dialami oleh tubuh kita ketika kekurangan vitamin C, saya akan membahas dulu bahwa ada beberapa mitos tentang vitamin C.

Mitos yang pertama adalah vitamin C dapat menyebabkan kegemukan. Jadi saya bisa katakan hal ini adalah mitos.

Mengapa?

Yang membuat tubuh anda menjadi gemuk adalah ketika dalam jangka panjang anda mengkonsumsi makanan dan asupan kalori yang berlebihan dibandingkan dengan kebutuhan anda sehari-hari. Singkatnya adalah kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang anda bakar. Jadi kurang lebih seperti itu.

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C ?

Kemudian yang kedua, tubuh manusia dapat memproduksi vitamin C. Jadi, kita tidak perlu mengkonsumsi vitamin C dari luar. Ini adalah mitos. Mengapa?

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin C. Dan vitamin C sifatnya larut di air. Jadi, tubuh kita tidak bisa menyimpannya dalam jangka waktu lama. Beda dengan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.

Seperti vitamin A, D, E, dan K. Vitamin C dan vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air. Jadi, tubuh kita tidak bisa menyimpannya. Jadi, setiap hari kita membutuhkan vitamin C.

Sumbernya darimana?

Dari buah-buahan dan dari sayur-sayuran yang bisa didapatkan dari lemon. Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel lainnya yaitu Manfaat lemon untuk kulit.

Oke, kita lanjut ke mitos yang ketiga. Konsumsi udang bersama vitamin C dapat menyebabkan kematian mendadak.

Jadi, sampai sekarang belum ada penelitian yang mengatakan bahwa hal ini benar.

Dan bahkan sampai sekarang, seafood pun dimasak dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Ada yang dengan lemon dan sebagainya.

Dan ternyata tidak apa-apa tuh? Ada beberapa artikel yang mengatakan bahwa udang tersebut mengandung senyawa arsenik. Dan jika bereaksi dengan vitamin C akan membahayakan tubuh kita.

Mari kita lihat. Dalam 1 kg udang, terkandung sekitar 0,4 sampai 0,5 mg arsenik. Dan artinya, jika untuk membunuh manusia dewasa itu membutuhkan 100 sampai 150 kg udang. . Pertanyaan saya, siapa yang mampu makan segitu banyaknya?

Sebelum anda keracunan arsenik, anda akan mati kekenyangan terlebih dahulu. Jadi, ini adalah mitos. Kemudian mitos yang keempat. Sumber vitamin C terbanyak ada pada buah jeruk. Memang betul bahwa buah jeruk adalah sumber vitamin C.

Tetapi, bukan yang terbanyak. Dibandingkan dengan buah mangga, pepaya dan jambu biji, kandungan vitamin C pada buah jeruk lebih kecil. Jadi apabila anda ingin mengkonsumsi vitamin C, anda bisa cari dari buah-buahan yang tadi saya sebutkan.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari sayuran hijau, seperti brokoli.

Hayoo.., siapa yang tidak suka sayur? Jadi, belajarlah untuk makan sayur dan makan buah. Jadi, jangan hanya daging semua. Karena ingat, tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C.

Jadi, butuh asupan dari luar. Itu tadi adalah mitos tentang vitamin C. Sekarang kita akan bahas, apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan vitamin C? Jadi, ada sebuah penyakit yang dinamakan dengan scurvy atau skorbut bagi mereka yang kekurangan vitamin C.

Terutama dalam jangka waktu yang lama. Dan biasanya pad zaman dahulu, ini terjadi pada pelaut. Karena mereka lama sekali berlayar di lautan dan tidak mendapatkan vitamin C. Kalau zaman sekarang, anda tinggal membawa suplemen vitamin C jika anda ingin berlayar.

Lebih praktis. Disini saya akan bacakan beberapa gejala yang muncul akibat kekurangan vitamin C.

Yang pertama adalah muncul bintik-bintik merah atau pendarahan pinpoint pada kulit bagian bawah atau di bawah kulit. Jadi, itu adalah pertanda tubuh kekurangan vitamin C.

Kemudian, tangan anda atau kaki anda atau bagian tubuh anda lainnya mudah sekali mengalami lebam atau memar. Kemudian gusi bengkak dan mudah berdarah. Siapa disini yang setelah sikat gigi, setelah menggosok gigi dan anda buang ludah itu bercampur dengan darah? Itu adalah salah satu tanda anda kekurangan vitamin C.

Coba anda konsultasikan ke dokter gigi anda. Apakah benar anda kekurangan vitamin C atau mungkin penyakit gusi yang lainnya. Kemudian yang selanjutnya adalah gigi anda mudah lepas. Jika hal ini parah, maka gigi anda mudah lepas.

Dan hal ini banyak sekali terjadi pada perokok-perokok berat.

Karena rokok dapat menghabiskan stok vitamin C di dalam tubuh anda. Kemudian jika parah, tubuh anda akan merasa lebih lemah, letih, dan seolah-olah tubuh anda tidak punya tenaga.