Bencana: Definisi, Jenis-Jenis, Contoh

Bencana: definisi, jenis, contoh dan metode penanggulangan bencana | Apakah Anda masih ingat bencana terbesar yang melanda negara Indonesia pada tahun 2004? Tepatnya, bencana tsunami terjadi di pulau Sumatra di kota Aceh. Kita semua tahu bahwa bencana sering terjadi di negara kita, seperti bencana, tanah longsor, kebakaran, gempa bumi dan lainnya.

Bencana: Definisi, Jenis-Jenis, Contoh

Dilansir dari majalahpendidikan Bencana adalah gangguan serius dalam berfungsinya suatu komunitas atau komunitas, yang menyebabkan kerusakan manusia, material, ekonomi atau lingkungan yang meluas dan melebihi kapasitas manusia atau penduduk untuk menghadapinya menggunakan sumber daya yang mereka miliki (Terminology UN / ISDR, 2009 ).

Bencana adalah gangguan serius dalam berfungsinya suatu komunitas atau masyarakat yang melibatkan kerugian dan dampak yang luas dari manusia, material, ekonomi atau lingkungan, yang melebihi kapasitas komunitas atau masyarakat yang terkena dampak untuk mengatasi menggunakan sumber dayanya sendiri (Terminologi UNISDR tentang pengurangan risiko bencana, 2009).

Halaman. 24 tahun 2007 tentang pengelolaan bencana menetapkan bahwa bencana adalah peristiwa atau serangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan mata pencaharian orang-orang yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan / atau tidak alami dan manusia, yang menyebabkan korban manusia, kerusakan lingkungan, kehilangan properti dan dampak psikologis.

Definisi bencana menyatakan bahwa bencana disebabkan oleh faktor alam, non-alami, dan manusia. Karena itu, undang-undang nomor 24 tahun 2007 juga mendefinisikan bencana alam, bencana non-alami, dan bencana sosial.
Bencana adalah gangguan serius terhadap fungsi suatu komunitas atau komunitas yang memengaruhi kerusakan manusia, material, ekonomi, atau lingkungan yang meluas yang melebihi kapasitas komunitas atau komunitas yang bersangkutan untuk diatasi dengan menggunakan sumber dayanya sendiri. (ISDR, 2004 dalam MPBI, 2007)

Definisi bencana menurut WHO (2002) (Efendi, F dan Makhfudli, Kesehatan dan Keperawatan Komunitas: Teori dan Praktek Keperawatan, Salemba Medika Jakarta: 2009) adalah peristiwa yang menyebabkan kerusakan, gangguan ekologis, hilangnya kehidupan manusia atau kemunduran kesehatan atau status kesehatan pelayanan kesehatan pada skala tertentu yang memerlukan respons di luar komunitas atau wilayah yang terjadi.

Jenis bencana:

  1. Bencana alam geologis
    Bencana geologis alami yang disebabkan oleh kekuatan atau gerakan yang datang dari dalam bumi (kekuatan endogen). Bencana geologis termasuk gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.
  2. Bencana iklim alam
    Bencana iklim alami adalah bencana alam yang disebabkan oleh faktor angin dan hujan. Misalnya bencana iklim alami, khususnya banjir, badai, banjir mendadak, turbin, kekeringan dan kebakaran hutan alam (bukan oleh manusia).
    Bahkan pergerakan tanah (tanah longsor) adalah bencana alam, walaupun peran utamanya adalah faktor klimatologis (hujan), tetapi gejala awalnya dimulai dengan kondisi geologis (jenis dan karakteristik tanah dan batu dan sebagainya).
  3. Bencana alam ekstra-terestrial
    Bencana alam ekstraterestrial adalah bencana alam yang terjadi di ruang angkasa, misalnya: meteor benturan / meteor. Ketika dampak benda langit pada permukaan bumi akan menyebabkan bencana alam yang normal bagi makhluk di bumi.

Contoh bencana dan cara menghadapinya

tanah longsor

Tanah longsor adalah gerakan atau perpindahan material yang membentuk lereng dalam bentuk batuan, puing-puing, tanah atau material campuran, yang bergerak turun atau keluar dari lereng.

Tanah longsor Cara mengatasinya:

  1. Jangan menebangi hutan liar
  2. Jangan membakar lahan hutan
  3. Biarkan flora dan fauna tinggal di sana
  4. Menjaga dan melestarikan hutan seperti paru-paru dunia

Gempa bumi
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan atau perpindahan lapisan batuan bumi yang berasal dari bagian bawah atau lapisan tanah bumi dan juga dapat disebabkan oleh letusan gunung berapi. Gempa bumi sering terjadi di daerah dekat gunung berapi dan bahkan di daerah yang dikelilingi oleh lautan luas.

Tsunami
Tsunami adalah gelombang air abnormal yang ditimbulkan oleh berbagai gangguan di dasar laut. Gangguan ini terjadi dalam bentuk gempa bumi, perpindahan plak atau letusan gunung berapi. Tsunami tidak dapat diprediksi saat masih di tengah lautan, tetapi ketika mencapai daerah yang landai, gelombang yang bergerak cepat akan terus tumbuh.

Bencana tsunami karena kehadiran Tsuami:

  1. Gempa Bumi
  2. Pelat geser
  3. Letusan gunung berapi di dasar laut
  4. Tabrakan benda langit

Demikian penjelasan bencana: definisi, jenis, contoh dan metode penanggulangan bencana. semoga

Sumber : gurusekolah