Wirausaha Warung & Rumah Makan Yang Potensial

Mencoba Peluang Usaha Warung Makan – memang sangat mengasyikkan.

Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena siapapun tahu bahwa bisnis di bidang kuliner merupakan salah satu bisnis yang hanya mengeluarkan modal kecil namun memungkinkan kita mempunyai keuntungan besar.

Peluang usaha warung makan yang Anda dirikan tidak harus besar karena ini sifatnya masih berupa warung.


Membuka warung makan juga termasuk usaha modal kecil, Anda bisa melakukan perputaran uang dengan cara menanamkan modal dalam jumlah yang sedikit namun kemudian terus meningkat menjadi begitu banyak.

Ini merupakan usaha modal kecil yang mampu dijalankan oleh para ibu rumah tangga dan memang menjanjikan jika ditekuni secara serius.

Bagaimana cara mencoba peluang usaha warung makan ini? Kami membagi pengalaman berdasarkan sebuah kisah nyata dan pengamatan lapangan yang baik kepada Anda. Selamat membaca artikel ini dan kemudian mempraktikkannya sendiri.

*) Penentuan pasar yang tepat

Pada tahap pertama, hal yang harus Anda lakukan adalah penentuan pasar. Makanan memang dibutuhkan oleh setiap orang namun kita tidak boleh asal dalam menentukan pasar serta lokasi. Perlu pengamatan yang jeli dan peluang yang jitu agar sebuah bisnis makanan menjadi laris.

Sejatinya, bagaimana penentuan lokasi yang tepat untuk bisnis makanan ini? Anda memerlukan kepastian pasar. Cobalah cari sebuah lokasi berupa perkantoran, kampus, dan pasar.

Ketika lokasi tersebut merupakan langkah yang paling tepat untuk membuka bisnis warung makan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan bisnis secara double.

Sebagai contoh, saya sering melihat banyak tukang tambal ban yang juga membuka warung makan di tempat ia membuka tambal ban tersebut. Potensi pasar yang ia miliki sudah jelas yaitu orang-orang yang datang menambal ban di tempatnya.

Kemudian, Anda juga bisa sambil berbisnis loket pemberhentian bus. Pasarnya juga sudah jelas yaitu orang-orang yang sedang menunggu bus di tempat Anda membuka loket.

Ketika seseorang menunggu bahkan dalam hitungan jam, tentu saja mereka lapar bukan? Kesempatan atau trik memulai usaha makanan inilah yang harus Anda ambil dan pilih.

*) Penentuan makanan dan harga yang tepat

Pasar Anda siapa? Orang kantoran, mahasiswa kampus, atau para penunggu bus di loket tadi? Orang kantoran tentu saja memilih makanan yang sedikit bonafit dengan juga mementingkan kualitas rasa yang ada.

Anda bisa menembak harga yang relatif mahal jika memang pasarnya adalah orang kantoran. Dua hal yang pasti adalah rasa yang enak serta makanan yang bervariasi.

Kemudian, bagaimana jika pasarnya adalah mahasiswa kampus atau anak kos-kosan? Tentu saja pemilihan menu dan penetuan harga yang ada sungguh berbeda.

Anda hanya disarankan untuk membuat menu dengan kualitas rasa sedang, namun mempunyai porsi yang cukup banyak, dan tentunya murah meriah. Makanan yang ada mengenyangkan dan harga mahasiswa, itu kuncinya.

*) Tips ampuh berbisnis warung makan

Banyak orang yang ingin berbisnis warung makan namun melakukan manajemen yang asal-asalan. Tentu saja ini sama dengan bunuh diri dan tidak memberikan peluang bagi usaha kita untuk maju. Ada beberapa tips ampuh yang bisa digunakan dalam rangka menciptakan keuntungan besar, yaitu:

Jangan pelit. Berikan porsi yang cukup banyak dan jangan terlalu sedikit memberikan porsi. Menggunakan sistem prasmanan merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan. Juga, jangan takut rugi karena bisnis makanan merupakan bisnis yang mendatangkan untung besar.

Memberi pelayanan yang ramah serta maksimal. Anda akan terus berhadapan langsung dengan pelanggan, jadi bersikaplah dengan ramah. Juga, sangat diperlukan untuk melayani pelanggan dengan cepat, karena tentu saja pelanggan tidak betah menunggu lama dalam penyajian makanan.