Mengatasi Kartu Sd Tidak Terbaca

Di abad ke-21 ada banyak pengguna smartphone. Masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone bervariasi. Salah satunya menghadapi masalah bahwa ponsel tidak dapat mentransfer data, dan juga kartu SD tidak terbaca. Anda pasti akan sangat pusing dan bingung tentang cara membuat kartu SD Anda berfungsi seperti sebelumnya. Tentu ada beberapa cara.

Banyak masalah, beberapa penyebab. Diantaranya, kartu memori Anda sangat panas, pengaruh medan magnet dan juga kesalahan saat melepas atau membuka kartu SD. Jika ini terjadi pada ponsel atau ponsel cerdas Anda, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan beberapa cara dari haris.web.id agar kartu SD Anda dapat berfungsi kembali seperti sebelumnya.

Tangani kartu SD yang tidak dapat dibaca

Langkah pertama

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka atau mengeluarkan kartu memori dari ponsel cerdas Anda. Setelah itu, masukkan kartu SD ke pembaca kartu atau adaptor. Saat melakukan langkah ini, Anda harus sangat berhati-hati, karena salah satu cara tidak salah saat mengeluarkan kartu SD Anda sehingga tidak rusak.

Kemudian Anda dapat menggunakan menu ‘unmount SD card’ sehingga ketika Anda membuka dan mencabut kartu SD Anda dapat melakukannya dengan aman. Cara lain sehingga ketika Anda mengeluarkan kartu SD itu aman, Anda dapat mematikan ponsel Anda terlebih dahulu dan membuka alat memori Anda dari slot atau tempat.

Langkah kedua

Setelah menyelesaikan langkah pertama, Anda bisa melakukan langkah kedua. Langkah kedua adalah mencari drive kartu memori Anda pada PC atau laptop. Anda dapat melihatnya melalui Windows Explore. Misalnya, unit D, E, F, G, H atau nama lain di jendelanya. Kemudian klik kanan dan pilih opsi format.

Langkah ketiga

Dalam opsi format, Anda harus memilih opsi FAT forat. Jangan biarkan dia memilih yang salah karena ada opsi lain, termasuk FAT32 dan NTSC.

Langkah keempat

Langkah ini paling mudah. Karena yang harus Anda lakukan adalah tekan ‘format sekarang’ dan tunggu proses pemformatan selesai.

Langkah kelima

Jika pesan “kesalahan” muncul di PC Anda, Anda tidak dapat memproses ulang format. Anda dapat melakukannya secara berbeda dengan melakukan baris perintah. Begini caranya:

Klik Mulai, lalu Jalankan dan klik CMD.

Setelah itu, indikator DOS akan muncul.

Kemudian Anda akan mengetik format k: /fs.fat secara manual (jika unit memori laptop Anda disebut D, E, F, G, H, dll.) Anda dapat menyesuaikan namanya.

Langkah-langkah berikut dapat dilakukan jika kartu SD tidak dapat dibaca. Saat melakukannya, Anda harus sangat berhati-hati karena kartu memori Anda mungkin rusak lagi.