Tips Membuat Taman yang Cantik

Taman menjadi bagian yang penting dalam sebuah hunian baik itu rumah, villa, hingga berbagai tempat lain seperti sekolah atau sebuah kota sekalipun. Adanya taman akan membuat bangunan, hunian, atau sebuah tempat menjadi tampak lebih indah. Berikut ini adalah beberapa tips membuat taman yang cantik agar hunian tampak lebih indah.

1. Siapkan Tema dan Lahan

Saat ingin membuat taman, yang pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan tema taman yang ingin diusung dan tentu saja lahannya. Pemilihan tema bisa dilakukan dengan memperbanyak membaca referensi yang ada di internet atau bisa juga melalui majalah-majalah yang berkaitan. Dari kedua media pasti akan memunculkan ide tema yang cocok untuk rumah.

Tema yang dipilih untuk taman di rumah sebaiknya menyesuaikan dengan luas lahan serta bentuk bangunan rumah. Kemudian persiapkan lahan yang digunakan dengan cara membersihkan lahan taman dari rumput-rumput liar. Tak lupa dengan mengolah lahan agar menjadi subur untuk ditanami. Persiapkan juga titik-titik yang akan diisi dengan aksesoris taman.

2. Persiapan Tanaman dan Aksesorisnya

Setelah lahan untuk taman sudah siap untuk ditanami, kemudian lanjutkan dengan proses penanaman tanaman yang cocok dengan tema yang dipilih. Sebegitu pentingnya pemilihan tema sehingga bisa menentukan apakah tanaman akan langsung ditanam di tanah atau ditempatkan di pot. Jika menggunakan pot maka bagian lahan bisa diisi dengan rumput-rumput taman.

Tak ketinggalan pemilihan aksesoris, termasuk pot, yang cocok untuk taman juga harus menyesuaikan dengan tema. Aksesoris seperti lampu, pot, atau berbagai kerajinan tembaga bisa ditempatkan pada beberapa titik-titik sehingga taman menjadi lebih cantik. Bisa juga ditambah dengan batu-batu dan tempat duduk agar penghuni dan tamu juga bisa duduk cantik di taman.

3. Rawat Taman dengan Teratur

Ketika proses penanaman taman termasuk penempatan aksesoris selesai, tugas selanjutnya adalah menjaga agar taman bisa tetap indah. Menjaga dan merawat taman agar tetap indah ini juga bukan perkara gampang. Taman harus dirawat dengan teratur yakni dengan membersihkan dari rumput-rumput liar, menyirami tanaman, juga memotong tanaman dengan rapi.

Perhatikan pula aksesoris-aksesoris yang ada di taman agar tidak rusak. Melakukan perawatan untuk aksesoris secara berkala, menyiram tanaman dengan teratur, hingga membersihkan taman dari sampah-sampah juga menjadi salah satu tips membuat taman yang cantik.